April 26, 2021

BIDANG HUMAS

Pembelajaran di SMK dirancang dengan pendekatan berbasis pada kompetensi, pendekatan berbasis pada produksi dan pendekatan berbasis di dunia kerja. Pembelajaran berbasis pada kompetensi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetensi secara tuntas kepada peserta didik yang mencakup aspek sikap (attitude), pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill). Pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang ditekankan pada pemerolehan hasil belajar berupa barang jadi atau jasa sesuai dengan standar dunia industri atau dunia usaha. Sedangkan pembelajaran berbasis di dunia kerja mengarahkan peserta didik dapat meningkatkan kompetensinya melalui dunia kerja. Pembelajaran di dunia kerja ini, peserta didik harus melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Proses pembelajaran di dunia kerja diselenggarakan dalam bentuk kegiatan PSG (Pendidikan Sistem Ganda) di dunia usaha/dunia industri yang berlku di SMK Dwija Bhakti 2 Jombang.

Untuk memberi kemudahan bagi guru pembimbing dalam melaksanakan bimbingan atau monitoring dan evaluasi dan khususnya siswa dalam melaksanakan praktek kerja industri maka disusunlah program kegiatan dan pelaksanaan PSG dan juga media Online berupa E-learning untuk mengejar ketertinggalan siswa dalam kegitan belajar mengajar (KBM) di sekolah. Kegiatan tersebut sebagai pegangan dalam penilaian maupun evaluasi yang bertujuan memberikan gambaran dan arahan yang jelas tentang pelaksanaan praktek kerja di dunia usaha dan industri dan sistem belajar online , sehingga praktek kerja di industri dapat dilaksanakan dengan terarah yang sesuai dan sejalan antara siswa peserta PSG, instruktur di DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri), pembimbing di sekolah maupun kepala sekolah.